Stop Pengeluaran Ini Jika …

Stop Pengeluaran Ini Jika Serius Ingin Punya Rumah

RumahCom – Jika ditanya, semua orang yang belum punya rumah pasti ingin punya agar tak perlu sewa atau umpang di rumah mertua. Sementara yang sudah punya pasti juga ingin punya lagi, setidaknya sebagai investasi.

Masalahnya jika hanya sebatas keinginan tanpa dibarengi usaha yang serius dan tekad yang kuat, ya percuma saja. Setidaknya cobalah dengan mulai menabung dan mencari penghasilan tambahan. Tapi penghasilan tambahan pun tak kan berarti apa-apa jika pengeluaran Anda juga ikut bertambah.

Coba deh hitung-hitung berapa DP yang dibutuhkan pada rumah idaman Anda yang bisa ditemukan di Perumahan Baru dengan bantuan kalkulator keterjangkauan. Dengan begitu Anda akan mengetahui target dana yang Anda butuhkan untuk bisa mulai mencicil rumah incaran Anda.

Dan agar lekas terwujud, selanjutnya mulai paksakan diri Anda untuk menghentikan beberapa pengeluaran yang tidak perlu yang bikin Anda jadi susah mengumpulkan DP untuk beli rumah.

1. Stop Ikut Tren Fashion

Penampilan memang penting, tapi bukan berarti tiap ada tren baru Anda harus punya. Asal tahu saja, hampir setiap bulan brand-brand fashion merilis produk-produk terbarunya. Jadi tidak akan pernah ada habisnya.

Berhentilah membeli pakaian selama beberapa bulan ke depan. Beli hanya jika benar-benar perlu dengan pilihan model yang aman agar tak terkesan ketinggalan jaman dan bisa lebih lama digunakan. Sedangkan untuk baju lama yang masih bagus tapi tidak dipakai, jual saja secara online.

Dengan melakukan ‘diet’ belanja baju baru seperti ini secara rutin maka Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk menambah uang muka rumah. Langkah ini tentunya akan membantu mempercepat mewujudkan mimpi Anda.

8 dari 10 orang bilang proses pengajuan KPR itu ribet. Bagaimana menurut Anda? Suarakan pendapat Anda lewat survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Berhadiah total 10 juta untuk 5 pemenang!

2. Stop Membership Gym

Seberapa sering Anda berolahraga di gym? Jika Anda hanya mengunjungi gym satu kali dalam sebulan, Anda hanya buang-buang uang saja. Lebih baik tidak melanjutkan dulu program membership Anda sampai DP rumah terkumpul. Lakukan olahraga di sekitar rumah saja seperti lari, bersepeda, atau yoga.

Dan jika Anda mmemang penggila olahraga, inilah pilihan hunian mulai dari Rp300 jutaan dengan fasilitas sport club bagi para penghuninya.

3. Stop Beli Produk-produk Bermerek

Saat berbelanja kita sering kali terpatok merek dan beranggapan bahwa merek bagus memiliki manfaat lebih bagus. Padahal semua merek, terutama produk kebutuhan rumah tangga, memiliki fungsi yang sama, hanya berbeda harga, misalnya saja gula, minyak, camilan, tisu, atau pembersih lantai.

Agar lebih hemat, Anda bisa mengganti produk bermerek dengan merek lain yang lebih murah atau membeli produk private label swalayan yang cenderung lebih murah. Enggak ada salahnya, kok, membeli produk murah jika berkualitas.

4. Stop Gesek Kartu Kredit

Saat berbelanja selalu gunakan uang tunai untuk pembayaran. Hindari membawa kartu kredit. Kartu kredit akan membuat Anda selalu merasa memiliki uang berlebih. Sebaliknya membawa uang tunai akan membantu Anda untuk berbelanja seperlunya saja.

Dan jika Anda benar-benar konsisten melakukannya, dalam kurun waktu tidak sampai 12 bulan Anda bisa memiliki rumah idaman seperti di Depok yang ditawarkan mulai dari harga Rp300 jutaan.