Beli Hunian Dengan Bujet …

Beli Hunian Dengan Bujet Terbatas, Bagaimana Caranya?

Beli Hunian dengan Bujet Terbatas, Bagaimana Caranya?
RumahCom – Banyak keluarga muda yang baru menikah tinggal di rumah mertua. Hal ini wajar-wajar saja. Namun, ada baiknya mereka memiliki rumah sendiri secepat mungkin.

Alasan terbesar tinggal di rumah mertua tentu saja adalah masalah keuangan. Maklum, harga rumah saat ini cukup tinggi sehingga butuh tabungan yang tak kecil untuk memiliki rumah sendiri. Tak pelak, mau tidak mau mereka harus berpikir otak untuk beli rumah dengan dana terbatas.

Padahal, saat ini ada cukup banyak pengembang yang tak sungkan memberikan program yang sayang untuk dilewatkan. (Sebelum beli rumah, pastikan Anda sudah menyimak Review Properti dari Rumah.com)

Contohnya #PatunganDP besutan PT Perintis Triniti Properti (Triniti Land) untuk proyek Collins Boulevard. Lewat program ini, dari uang muka 15%, separuhnya atau 7,5% akan dibayar developer. Sehingga sisa 7,5%-nya dibayar oleh konsumen dengan cara mencicil selama 6 bulan.

Untuk unit paling murah di Collins Boulevard, besaran cicilannya sekitar Rp7 jutaan per bulan. Setelah akad Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), besaran cicilan yang dibayarkan setiap bulan selama 20 tahun sekitar Rp3 jutaan.

Program #Patungan DP ini berlangsung dari Juli hingga Oktober mendatang, dan yang perlu diingat adalah unit yang ditawarkan terbatas. Simak juga: Tips Menyiapkan Dana DP Rumah

Founder Triniti Land, Bong Chandra mengatakan, proyek ini terdiri dari tiga tower apartemen dengan jumlah mencapai 2.400 unit, satu menara perkantoran, hotel bintang empat dan lifestyle plaza. Harga apartemennya sendiri mulai Rp400 juta sampai Rp1,4 miliar.

“Proyek ini sebagai bentuk komitmen pengembang sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Serpong yang terus tumbuh. Saat ini perpindahan masyarakat terutama kaum milenial menuju kota satelit cukup tinggi, karena memiliki daya tarik dari sisi fasilitas,” katanya.

Apartemen ini menyasar segmen end user, yang merupakan keluarga muda dan milenial. Menurut Bong, kelas pasar ini adalah pasar terbesar dan potensial, namun mereka kesulitan mengumpulkan uang muka dalam waktu singkat.

“Ketika keluarga muda dan milenial ini tengah menabung DP, kendala yang dihadapi adalah harga huniannya keburu naik di saat uang sudah terkumpul. Atau unitnya sudah habis. Jadi kami mencoba untuk solve the problem dengan program yang kita tawarkan,” jelasnya.

Selama program DealJuara berlangsung, pencari rumah di Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan penawaran spesial dari proyek-proyek ternama di Indonesia.

Lain lagi yang dilakukan PT Tajur Surya Abadi, pengembang perumahan Royal Tajur, Bogor. Khusus bulan ini, ada program Serba 8 yang memungkinkan konsumen langsung akad kredit hanya dengan membayar Rp16 juta dari seharusnya Rp100 juta untuk pembelian hunian berharga Rp1 miliar.

(Simulasikan cicilan KPR Anda per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Program tersebut diklaim banyak diminati oleh pembeli, sehingga diarahkan untuk mendukung penjualan proyek klaster The Avebury yang dilepas dengan harga Rp1,1 miliar hingga Rp2,5 miliar. Ada sekitar 100 unit rumah yang ditawarkan dengan konsep rumah resor split level di lahan terasering yang tengah menjadi tren hari ini.

Project Manager Royal Tajur, Ardian Hendra mengatakan, program ini menjadi inovasi dalam mengembangkan skim pembiayaan bagi konsumen yang memiliki keterbatasan dana awal untuk membeli rumah secara kredit.

“Jadi konsumen cukup bayar uang muka Rp8 juta dan booking fee Rp8 juta, dengan total Rp16 juta mereka sudah bisa melakukan akad kredit dengan skema cicilan KPR juga Rp8 juta. Ini kami tawarkan untuk pembelian rumah dengan harga Rp1,1 miliar yang seharusnya bayar uang mukanya mencapai Rp100 juta. Tapi persyaratan uang muka itu kami subsidi, sehingga cuma bayar Rp16 juta,” ujarnya.

(Cek Rumah.com Property Index untuk mencari tahu tren kenaikan harga rumah per kuartal di berbagai lokasi favorit)

Ardian mengatakan, program eksklusif ini ditawarkan terbatas, yaitu hanya berlaku hingga 31 Agustus 2018. Untuk itu ia mengimbau konsumen untuk segera memanfaatkan subsidi hingga Rp100 juta ini.

Dan untuk meyakinkan bahwa rumah tipe Split Level sangat nyaman, pengembang sudah membangun contoh dengan luas bangunan 72 m2 yang lengkap dengan interiornya, sehingga konsumen mendapatkan gambaran konkrit bentuk dan suasana rumahnya.

Manfaatkan event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 20 Juli sampai 30 September 2018, dengan beragam penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon Rp135 juta!